Langsung ke konten utama

#3 Pengalaman Seleksi Penerimaan Calon Pimpinan Bank Indonesia Masa Depan (PCPM BI XXXIII)


Setelah sekian lama tidak menulis tentang pengalaman saya untuk mencari pekerjaan, kali ini saya akan melanjutkan cerita perjuangan saya dalam mencari pekerjaan. Maaf baru bisa saya tulis sekarang, selain sekarang sudah sibuk bekerja, sangat sulit untuk mengumpulkan niat untuk menulis. Hhehe. Tapi karena antusiasme teman-teman dalam membaca tulisan saya, akhirnya niat itu saya coba kumpulkan lagi sehingga bisa berbagi pengalaman yang meskipun rentang waktunya sudah cukup lama. Okay, langsung kita mulai saja.

Nah saya akan menceritakan pengalaman saya dalam mengikuti seleksi Pendidikan Calon Pegawai Muda 33 atau yang lebih dikenal dengan sebutan PCPM BI 33. Namun sebelum lanjut, saya mau disclaimer dulu nih, saya mungkin tidak bisa menceritakan detailnya karena sudah setahun yang lalu dan lupa saya catet (Hehehe, soalnya selama seleksi pengumumannya langsung di website dan tidak menggunakan email sehingga saya tidak memiliki data historisnya). Untuk PCPM BI 33 ini sendiri bekerja sama dengan Lembaga Experd Consultant yang dipercaya untuk mengadakan seleksi.

PCPMBI 33 merupakan salah satu jenis rekrutmen untuk merekrut putra putri terbaik bangsa yang akan menjadi pegawai Bank Indonesia, dan yang saya dapat simpulkan program ini bisa dikatakan sebagai program sejenis management trainee atau officer development program.

Seleksi PCPMBI 33 ini memakan waktu yang cukup lama, mulai dari awal September 2018 hingga akhir Desember 2018. Tes ini diadakan di beberapa kota, diantaranya Jakarta, Semarang, Padang dan beberapa kota besar lainnya. Langsung saja ketahapan seleksinya yah :)

Seleksi Administrasi
Pendaftaran dilakukan secara online, dan saat mendaftar kita diminta untuk mengisi biodata lengkap, upload ijazah, transkrip nilai, pas foto dan memilih posisi yang akan kita lamar dan lokasi seleksi. Dalam input data ini, usahakan sedetail dan seakurat mungkin, karena yang saya tau banyak juga yang tidak lolos seleksi administrasi karena kesalahan sepele, seperti background pas foto tidak sesuai ketentuan, salah input transkrip, dan lain sebagainya.

Setelah lolos seleksi administrasi, barulah kita akan masuk pada tahap tes yang sesungguhnya. Ada 5 tahap yang harus kita lalui, dan setiap tahapnya menggunakan sistem gugur. Seleksi diadakan di kota yang sudah kita pilih sebelumnya, sehingga jika kalian yang berada di luar kota harus mempersiapkan segalanya dengan baik.

1. Seleksi Potensi Dasar
Nah pada seleksi tahap pertama ini, kita juga diminta (sudah diberi tahu jauh hari) untuk membawa beberapa dokumen yang sudah ditentukan seperti formulir pendaftaran, ijazah dan transkrip nilai (asli dan fotokopi) dan beberapa dokumen lainnya. 
Seleksi pada tahap ini berlangsung selama kurang lebih dua jam untuk menguji kemampuan dasar kita sejauh mana, jenis soal lebih condong ke menguji seberapa kuat kita mengingat dan seberapa cepat kita bisa mengatasi masalah.
Contohnya kita diminta untuk menghapal angka dan simbol
1 disimbolkan dengan &
2 disimbolkan dengan @
Kemudian kita diuji seberapa hapal kita dengan angka dan simbol tersebut, semisal simbol @ itu menyimbolkan angka berapa.
Nah sebelum tes kalian sangat disarankan untuk tidur yang cukup dan harus sarapan ya, karena tes ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi. 

2. Seleksi Kebanksentralan dan TOEFL
Persiapan untuk menghadapi Seleksi Kebanksentralan kalian cukup belajar dari website Bank Indonesia saja, karena hampir keseluruhan materi sudah ada di website hanya saja kalian perlu browsing tentang isu-isu ekonomi terkini serta program terbaru pemerintah dalam dunia perbankan (contohnya GPN). 
Setelah selesai mengerjakan soal  kebansentralan, kita langsung masuk ke tes TOEFL (yup tidak ada jeda istirahat, hanya diberi waktu untuk ke toilet saja), tesnya sendiri sama seperti tes TOEFL pada umumnya terdiri dari listening section, structure and grammar serta reading. Kita tidak diberitahu berapa minimum skor TOEFL yang diperlukan agar kita bisa lolos, oleh karena itu kerjakan saja semuanya sebaik mungkin.

3. Seleksi Psikotes, Wawancara dan LGD
  • Psikotes terdiri dari (1) tes koran, tes menjumlahkan 2 angka secara vertikal, (2) tes EPPS, tes menjawab pertanyaan ya atau tidak untuk mengetahui kepribadian kita, serta (3) tes menggambar manusia dan pohon. Ada baiknya kalian harus berlatih dulu untuk mengikuti tes koran dan tes gambar agar waktu kalian saat tes bisa terpakai semaksimal mungkin. 
  • Leaderless Group Discussion, konsepnya mirip dengan FGD akan tetapi disini kita sudah diberi peranan dan bagian masing-masing dan kita diminta untuk mendisuskusikan permasalahan bagian mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Untuk tipsnya kalian bisa baca pada artikel lain dalam blog ini ya. 
  • Wawancara. Beberapa hari sebelum tes, kita sudah diberikan kuesioner untuk dijawab dan dikumpulkan saat tes, pertanyaannya berupa info personal, aktivitas selama kuliah, alasan kenapa ingin masuk BI dan lain-lain. Ketika wawancara hanya mengulang pertanyaan yang ada dikuesioner saja.

Nah kebetulan saya hanya sampai tahap 3 saja, sehingga saya tidak bisa menceritakan bagaimana tahap selanjutnya. Akan tetapi untuk tahap 4 berupa tes kesehatan dan tahap 5 nya wawancara akhir dengan pimpinan Bank Indonesia.

Sumber Gambar : tirto.id

Komentar