Langsung ke konten utama

#4 Pengalaman Seleksi Internal Auditor PT Salim Ivomas Pratama (Indofood Group)

Nah kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti seleksi di PT Salim Ivomas Pratama Tbk pada tahun 2018. Kebetulan saya mendapat undangan langsung dari perusahaan, dimana perusahaan mendapat data saya dari buku wisuda yang dikirim oleh kampus saya. Nah setelah me-review data saya yang terdapat pada buku wisuda, saya diundang untuk mengikuti seleksi yang akan diadakan di Yogyakarta bertempat di Hotel MM UGM Bulaksumur sebagai Internal Auditor. Saya mendapat email perihal undangan pada hari Rabu, 26 September 2018 dan tesnya akan dilaksanakan pada hari Senin, 1 Oktober 2018 pukul 13.00. Sebelum saya menceritakan lebih jauh tentang pengalaman seleksi, ada baiknya kita kupas kulit luarnya terlebih dahulu tentang perusahaan ini.

Tentu kita familiar dengan dua produk yang ada di atas bukan? Yups, Bimoli dan Palmia adalah salah dua produk yang diproduksi oleh PT Salim Ivomas Pratama Tbk, yang lebih dikenal juga dengan sebutan SIMP, dan tidak lain tidak bukan SIMP bergerak dalam industri food and beverages terlebih produk yang menggunakan bahan dasar kelapa sawit. Berbicara kelapa sawit, tentu teman-teman bisa menebak akan ada dimana teman-teman nanti bekerja. Nah tapi jangan khawatir, karena dalam porsi sebagai internal auditor, seorang internal auditor nantinya sering bertugas ke tempat produksi yang tersebar di berbagai wilayah akan tetapi kantor utamanya akan berada di pusat, bisa seminggu di kantor pusat dan dua minggu di lokasi produksi.

Okay nah itu dia seputar SIMP dan sekarang kita lanjut ke proses seleksinya.
HARI I : Tes Tertulis
Saya tiba di lokasi seleksi sekitar pukul 12.30 WIB dan sudah ada peserta lain disana sembari mengisi formulir yang dilampirkan pada email undangan. Menurut saya, apabila kalian akan mengikuti seleksi kerja dan sebelumnya sudah diminta untuk mencetak dan mengisi formulir biodata diri, alangkah lebih baiknya jika teman-teman mengisinya di rumah karena akan lebih banyak persiapan daripada harus terburu-buru mengisi di lokasi seleksi. Tepat pukul 13.00 WIB, kandidat diminta untuk masuk ke ruang seleksi dan diawali dengan perkenalan pihak HRD yang dilanjutkan presentasi tentang profil perusahaan dan gambaran pekerjaan. Nah setelah itu, barulah kandidat melakukan tes tertulis berupa psikotes dan tes akuntansi. Soal psikotes berupa soal pada umumnya yang saya yakin kalian bisa mengerjakannya dengan baik asal dalam kondisi yang fit (tidur cukup dan sudah makan siang). Nah disini, kalian juga jangan sampai lupa untuk membawa pensil karena salah satu tesnya akan menggunakan pensil, tentu tidak perlu saya sebutkan lagi ya karena pasti kalian sudah tau tes apa yang diharuskan menggunakan pensil. Psikotes berlangsung selama kurang lebih dua jam, dan hasilnya akan diketahui beberapa saat setelah tes. Setelah satu jam menunggu, keluarlah hasil tes yang menggugurkan hampir setengah dari total kandidat pada saat itu. Nah kebetulan saya lolos dan akan mengikuti tes tahap selanjutnya berupa wawancara keesokan harinya.

HARI II : Wawancara
Saya mendapat jadwal disesi terakhir pada pukul 16.00 WIB di hari Selasa, 2 Oktober 2018. Saya sampai di Hotel MM UGM pada pukul 15.30 WIB dan saat itu sudah ada dua orang yang menunggu untuk diwawancara. Sekitar pukul 16.00 WIB tibalah giliran saya untuk diwawancara, pewawancara ada dua orang, yakni perwakilan dari HRD dan dari bagian audit. Wawancara dibuka dengan pertanyaan yang tidak biasa untuk saya, biasanya pewawancara membuka wawancara dengan pertanyaan nama dan meminta menceritakan diri kita. Tetapi untuk kali ini sangat berbeda, wawancara dibuka dengan pertanyaan "Sudah punya pacara apa belum?", sontak saya kaget, bingung harus jawab seperti apa karena pertanyaan ini tidak pernah terpikir sama sekali dalam benak saya. Akan tetapi coba menjawab sebaik mungkin dan pewawancara banyak mengulik info personal saya, kegiatan di kampus, motivasi, karakter, bahkan saya diminta untuk mempresentasikan skripsi saya yang kebetulan berkaitan dengan lingkungan. Wawancara selesai sekitar pukul 17.30 WIB, yup, selama kurang lebih 1,5 jam saya diwawancara. Dan ini menjadi wawancara terlama yang pernah saya lakukan. Yang membuat saya menjadikan SIMP sebagai salah satu perusahaan yang berkesan bagi saya. Tidak hanya dari pertanyaan yang out of the box, tetapi baru kali ini saya wawancara tetapi seperti mengobrol biasa.
 

Komentar

  1. Lalu bagaimana hasilnya kak ?, Sekarang kakak kerja di perusahaan tersebut ?

    BalasHapus

Posting Komentar