Langsung ke konten utama

#1 Pengalaman Seleksi Danamon Bankers Trainee (DBT Batch 3) PT. Bank Danamon Indonesia Tbk.


Bank Danamon adalah perusahaan pertama dan yang paling berkesan bagi saya dalam hal perjuangan mencari pekerjaan terbaik. Bukan hanya dari tahapan seleksinya yang cukup banyak saja, akan tetapi proses untuk dapat ikut seleksi yang sangat menguras energi, tenaga, waktu bahkan isi dompet karena perjalanan yang harus saya tempuh 3 kali PP Yogyakarta-Jakarta dan kerempongan yang lainnya. Awalnya memang saya tidak terlalu tertarik dengan bank ini bahkan mengikuti tahapan tes awal saja karena dorongan orang tua, tetapi setelah mengikuti rangkaian seleksi dengan program yang ditawarkan dan benefit yang nantinya didapat membuat saya "jatuh cinta" ke Bank Danamon dan saat saya gagal pada tahap akhir membuat saya sedikit susah move on.
Nah sebelum membahas tahapan seleksinya, berikut ini ada sedikit gambaran umum Danamon Bankers Trainee PT. Bank Danamon Indonesia Tbk. berdasarkan pengalaman saya.
  • Danamon Bankers Trainee merupakan program sejenis Management Trainee ataupun Officer Development Program yang baru ada sejak tahun 2017. 
  • Program ini meliputi pendidikan dan on-the-job training selama dua tahun dan memiliki sistem cut untuk setiap periodenya jika peserta didik dinilai tidak memenuhi kualifikasi standar dari perusahaan.
  • Peserta nantinya akan diberikan sertifikasi khusus dan ketika lulus nantinya berhak menyandang gelar OMEGA dibelakang namanya.
  • Benefit yang didapat selama pendidikan sangat bersaing bahkan bisa lebih daripada program Management Trainee bank lainnya.
  • Seluruh rangkaian seleksi terpusat di Jakarta yaitu di Menara Bank Danamon.
  • Seluruh rangkaian seleksi menggunakan Bahasa Inggris.
  • Seleksinya sendiri terdiri dari banyak batch saya sendiri masuk di batch R. Dari informasi yang saya dapat batchnya mulai dari A sampai Y dan tidak menutup kemungkinan kalau lebih dari itu karena HR Bank Danamon mengadakan FGD dan Interview HRD setiap Senin dan Kamis dalam beberapa minggu.
  • Kuota untuk Danamon Bankers Trainee sekitar 25 orang. 
  • Seleksi bersifat terbuka, profesional dan sangat jelas dalam artian tahapan seleksi jelas, informasi terkait seleksi juga tetap diberitahukan kepada peserta, lolos ataupun tidak tetap akan diinformasikan dan HR juga mudah dihubungi terlebih misal kita ingin reschedule jadwal tes.
Berikut beberapa tahap yang saya lalui dalam rangkaian seleksi Danamon Bankers Trainee Batch 3.

1. Pendaftaran Online
Dimulai pada tanggal 2 Juli 2018 saya tahu informasi dari Website Career Center ECC UGM bahwa Bank Danamon sedang membuka lowongan Danamon Bankers Trainee. Pendaftaran online bisa dilakukan pada website resmi Bank Danamon, untuk informasi dan pendaftaran bisa klik disini. Syarat umum untuk mendaftar berupa IPK minimal 3.25 serta TOEFL minimal 500. 
Nah untuk pendaftaran online sendiri tergolong simpel tidak seperti perusahaan lain yang saat pendaftaran langsung harus mencantumkan data pribadi secara lengkap. Kita hanya diminta untuk mengisi beberapa informasi penting calon pendaftar seperti nama lengkap, IPK, email dan asal universitas. Proses pendaftaran ini tidak sampai 5 menit.

2. Online Assessment
Beberapa hari kemudian tepatnya hari Jumat, 6 Juli 2018, saya mendapat email notifikasi bahwa saya lolos dan berhak untuk mengikuti tahap tes selanjutnya yaitu online assessment (psikotes). Nah untuk psikotes sendiri dilaksanakan oleh Talentlytica, sebuah HR Platform, yang saat itu membantu Bank Danamon untuk mengadakan psikotes online. Psikotesnya sendiri dapat saya kerjakan mulai tanggal 7 Juli 2018 dengan batas waktu pengerjaannya 3 hari setelahnya. Nah saya memutuskan untuk mengerjakan psikotes online ini pada tanggal 7 Juli 2018 pada pagi hari. Sebenarnya tidak ada persiapkan khusus yang saya siapkan untuk menghadapi psikotes ini, karena saya sendiri belum memiliki gambaran bagaimana bentuk psikotesnya, jadi saya hanya memastikan bahwa saya beristirahat cukup dan bisa berkonsentrasi saat mengerjakan psikotes. Nah untuk soal psikotes sendiri mirip dengan psikotes pada umumnya, terdiri dari 4 bagian tes dan setiap tesnya memilik waktu tersendiri, saya tidak bisa menjelaskan secara rinci bentuk soalnya karena merupakan privasi dari Bank Danamon dan Talentlytica. Singkat cerita saya sendiri tidak yakin bisa mengerjakan dengan baik karena baru pertama kali mengerjakan psikotes dan keteteran dengan waktunya.

3. Focus Group Discussion dan Wawancara HRD
Pada tanggal 17 Juli 2018 saya mendapat email bahwa saya lolos online assessment dan mendapat panggilan untuk FGD dan Wawancara HRD pada tanggal 23 Juli 2018 di Jakarta. Nah setelah menimbang beberapa hal apalagi disuruh orang tua saya, akhirnya saya memutuskan berangkat untuk mengikuti seleksi selanjutnya. Persiapan untuk tes cukup hectic karena saya belum memiliki perlengkapan tes kerja mulai dari pakaian, dokumen pendukung seperti curriculum vitae dan pas foto bahkan saya harus beli tas baru :( 
Saya berangkat dari Yogyakarta pada 21 Juli 2018 malam dengan tujuan agar bisa memiliki waktu untuk persiapan dan istirahat. Pada tanggal 23 Juli 2018 saya sampai di Menara Bank Danamon sekitar pukul 07.00 WIB dan kemudian menunggu untuk tahap registrasi, sekitar pukul 08.30 WIB kami peserta yang jumlahnya sekitar 60 orang diminta untuk langsung ke lantai 23 dan registrasi di lantai 23. Acara diawali dengan pengisian biodata berupa data pribadi lengkap, riwayat pendidikan, prestasi, kursus, keluarga dan masih banyak lagi (total ada 4 halaman). Setelah itu, ada penjelasan tentang Bank Danamon dan program Danamon Bankers Trainee dari salah satu petinggi Bank Danamon dan Kepala Sekolah. Sekitar pukul 11.00 WIB, barulah seleksi dimulai, diawali dengan focus group discussion yang setiap kelompok terdiri sekitar 5-6 orang peserta. FGD sendiri seperti kebanyakan FGD lainnya yaitu kita diberi sebuah kasus dan diminta untuk mencari solusi dalam bentuk diskusi. FGD sendiri berlangsung selama 30 menit dengan waktu sekitar 10 menit untuk memahami kasus dan merancang argumen. 
Setelah selesai, kami diizinkan untuk makan siang terlebih dahulu dan harus kembali lagi sekitar pukul 13.00 WIB untuk melihat pengumuman siapa saja yang lolos dan lanjut ke tahap Wawancara HRD. Nah yang lolos ke tahap Wawancara HRD ada 13 orang dari sekitar 60 orang yang mengikuti FGD.
Wawancara HRD sendiri dilaksanakan pada hari itu juga. Wawancara HRD sendiri seperti wawancara pada umumnya yaitu untuk menggali informasi personal kita. Setelah semua peserta mendapatkan kesempatan Wawancara HRD, tidak lama diumumkan siapa saja yang lolos ke tahap selanjutnya dan ternyata dari 13 peserta hanya ada 7 orang yang lolos dan lanjut ketahap berikutnya. Sebelum kami pulang, kami diminta untuk masuk ke ruangan lagi untuk briefing teknis seleksi berikutnya.

3. In Tray
In Tray dilaksanakan pada 24 Juli 2018 di Menara Bank Danamon. Secara ringkas, in tray merupakan praktik kerja yang mana peserta akan diberikan sebuah kasus dan diminta untuk menyelesaikan kasus tersebut. Nah untuk Bank Danamon sendiri memberikan kasus hal seputar yang terjadi dalam dunia perbankan, saya tidak bisa menjelaskan kasusnya seperti apa karena ini merupakan privasi perusahaan. Tapi saat in tray nantinya peserta akan diminta menuliskan solusi atau apa yang harus dilakukan terkait kasus yang ada dan kemudian di presentasikan dengan petinggi bank. Waktunya sendiri diberikan 10 menit untuk memahami kasus dan 45 menit untuk membuat solusi dan materi presentasi, presentasi dan tanya jawab akan berlangsung selama 30 menit bersama 2 penilai. In tray hasilnya akan diumumkan paling lama dua minggu melalui email.

4. Presentasi
Tepat tanggal 25 Juli 2018, saya mendapat email bahwa saya dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya. Dan saya harus datang untuk mengikuti seleksi pada tanggal 1 Agustus 2018 di Menara Bank Danamon. Dari in tray sendiri setahu saya yang lolos ada 4 orang. Presentasi ini sendiri ya sama seperti bagaimana kita presentasi saat kuliah terlebih saat sidang skripsi. Teknis dan materi presentasi juga sudah diatur oleh pihak HR Bank Danamon, kita hanya diminta untuk mempersiapkan semua dan memberikan yang terbaik versi kita. Durasi saat presentasi juga sekitar 30 menit untuk presentasi dan tanya jawab bersama 2 penilai.

5. Wawancara User
Pada awalnya saya sempat gagal pada tahap presentasi, tetapi pada 21 September 2018 saya ditelepon oleh HR Bank Danamon untuk diberikan kesempatan melanjutkan tahapan seleksi selanjutnya yaitu seleksi tahap akhir pada 25 September 2018. Pewawancara berasal dari BOD Bank Danamon berjumlah dua orang, dan wawancara juga berlangsung seperti wawancara pada umumnya. Saya sendiri sudah menyiapkan materi untuk berjaga-jaga ketika ditanya, akan tetapi pada saat itu ada pertanyaan unpredictable yang selain menanyakan informasi personal. Alhasil saya sedikit ngaco karena panik dan perjalanan saya harus terhenti sampai ditahap ini.
Sumber Gambar Logo Bank Danamon : https://www.danamon.co.id/

Komentar

  1. Jadi, buat seeeluuruuh tahapan seleksi itu pakai bahasa Inggris? FULL? 🤔

    BalasHapus
  2. Unpredicted questionnya apa tu duh bikin kepo

    BalasHapus
  3. Ternyata tidak mudah untuk bisa lolos DBT

    BalasHapus
  4. hmmm rabu akan LGD DBT, jantungan wkwk

    BalasHapus
  5. kak mau nanya dong, kakak lolos kah sampai tahap akhir?

    BalasHapus

Posting Komentar