Langsung ke konten utama

Tips Mencari Pekerjaan bagi Freshgraduate

Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa Perguruan Tinggi merupakan tahap akhir dari seseorang di dalam menempuh pendidikan. Mulai dari Taman Kanak-Kanak berlanjut ke Sekolah Dasar kemudian Sekolah Menengah Pertama & Atas hingga yang terakhir adalah Perguruan Tinggi dan nantinya akan menjadi manusia produktif dan dianggap mampu untuk bersaing di dalam dunia kerja. Nah pertanyaannya, kalau sudah lulus apa yang harus dilakukan?

Kebanyakan orang memang setelah lulus mendambakan untuk cepat mendapat pekerjaan meskipun ada beberapa juga yang setelah lulus masih ingin bersantai dulu atau berlibur untuk menikmati hidup. Tetapi jika kamu adalah salah satu yang ingin cepat mendapatkan pekerjaan ada beberapa langkah awal yang bisa menjadi opsi untuk kamu lakukan.

Pertama, kamu tidak perlu menunggu di wisuda untuk mulai mencari pekerjaan. Setelah kamu ujian dan lulus, kamu bisa langsung mempersiapkan diri untuk mencari pekerjaan atau bahkan ketika kamu masih dalam proses pengerjaan skripsi jika kamu mau dan siap, kamu juga bisa mengambil start awal untuk mencari pekerjaan. 

Kedua, sebelum melamar pekerjaan kamu terlebih dahulu harus menyiapkan Curriculum Vitae serta pas foto resmi baik itu softcopy maupun hardcopy. Curriculum Vitae dan pas foto merupakan file utama yang biasanya sering diminta ketika kita melamar pekerjaan. Selain itu, kamu juga harus tau atau hapal tentang data pribadi kamu seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat rumah, nama orang tua, pekerjaan dan tanggal lahir orang tua, nama saudara dan tanggal lahir saudara. Data pribadi tersebut biasanya diminta untuk diisi di formulir pendaftaran baik offline maupun online. Cara membuat curriculum vitae bisa klik disini.

Ketiga, tentukan posisi dan perusahaan impian kamu. Kebanyakan bagi para freshgraduate masih memiliki standar yang tinggi untuk menentukan posisi dan perusahaan impian mereka. Jadi sebelum kamu lanjut, setidaknya kamu sudah punya bayangan apa pekerjaan impian kamu dan di perusahaan apa kamu ingin bekerja entah itu dalam dunia perbankan, ekonomi, manufaktur dan masih banyak lagi. Dan saat ini kesempatan untuk bekerja di perusahaan ternama sangatlah besar karena banyak perusahaan yang menawarkan Management Trainee Program berupa pendidikan kemudian ditempatkan pada posisi sesuai dengan kemampuan kamu. Informasi seputar Management Trainee bisa klik disini.

Keempat, kamu siap untuk melamar pekerjaan. Saat ini kita telah memasuki era digital dimana semuanya serba online, begitu juga dengan melamar pekerjaan. Datang ke kantor kemudian menanyakan apakah ada lowongan yang tersedia atau tidak, telah menjadi metode usang yang mulai ditinggalkan tidak hanya oleh pelamar tetapi juga oleh perusahaan. Untuk itu, kamu harus aktif memanfaatkan smartphone kamu untuk mencari informasi tentang pekerjaan. Kamu bisa mulai dengan membuat akun pada situs online yang menjadi sarana bagi perusahaan untuk merekrut, seperti Jobstreet, Kalibrr, Glints, Jobs.Id dan masih banyak lagi. Dari situs-situs tersebut nantinya kamu akan diminta untuk melakukan pendaftaran akun setelah itu nanti kamu akan diminta untuk mengisi data pribadi kamu, dan di situs tersebut nantinya kamu bisa mencari pekerjaan dan perusahaan sesuai impian kamu. Cara yang lebih efektif lainnya adalah bisa melalui beberapa media di bawah ini.

  1. Instagram, ada banyak sekali akun-akun yang menyediakan informasi seputar lowongan kerja terbaru lengkap dengan tata cara pendaftarannya;
  2. Website Resmi, kalau kamu sudah ada gambaran akan bekerja dimana kamu bisa secara berkala mengunjungi website resmi perusahaan tersebut dan coba untuk lihat informasinya pada bagian karir;
  3. Job Fair, merupakan salah satu cara untuk dapat mendapatkan pekerjaan dengan cepat karena biasanya perusahaan yang menjadi peserta job fair tidak hanya mengenalkan perusahaan mereka saja tetapi sekaligus melakukan rekrutmen untuk mendapatkan karyawan;
  4. Career Center, biasanya career center dari kampus seperti ECC UGM, ITB Career Center dan yang lainnya juga memberikan info seputar rekrutmen jadi tidak ada salahnya untuk mengecek website career center kampus kamu ataupun kampus lainnya atau bisa menjadi member sehingga kamu bisa apply pekerjaan melalui website mereka. 

Kelima, tunggu panggilan seleksi. Menunggu adalah hal yang paling membosankan, apalagi dalam menunggu panggilan dari perusahaan. Kebanyakan perusahaan tidak memiliki timeline jadwal seleksi dan memiliki proses yang lama dalam rekrutmen. Sehingga kamu dituntut untuk sangat sabar dalam menunggu panggilan perusahaan dan pastikan kamu selalu mengecek email secara berkala ataupun nomor handphone kamu harus selalu aktif. Karena biasanya perusahaan menghubungi kandidat melalui kedua media tersebut. Buat kamu yang mau tau persiapan menghadapi interview bisa klik disini, FGD bisa klik disini, psikotes bisa klik disini.

Nah dari kelima langkah tersebut semoga bisa membantu kamu untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah. Ketika kamu lagi menunggu panggilan, kamu jangan hanya terpaku ke satu perusahaan saja, cobalah mencari perusahaan yang sedang membuka lowongan dan apply-lah sebanyak mungkin. Hal ini digunakan sebagai tabungan supaya jika satu gagal kamu masih punya harapan untuk menunggu panggilan dari perusahaan lainnya. Mencari pekerjaan bisa menjadi hal yang menguras tenaga, emosi, pikiran, waktu dan dompet, untuk itu kamu harus selalu siap untuk gagal dan juga harus siap untuk bangkit lagi. Jangan lupa untuk mendekatkan diri kamu sama Tuhan dan selalu minta restu orang tua ya! Kamu juga bisa baca pengalaman pribadi penulis dalam mencari pekerjaan dengan klik disini.

Komentar