Langsung ke konten utama

#2 Pengalaman Seleksi Junior Leader Development Program (JLDP) Astra Credit Companies


Astra Credit Companies merupakan anak perusahaan dari Astra International yang bergerak dibidang multifinance. Saat ini Astra Credit Companies tidak hanya melayani pinjaman untuk kredit kendaraan saja, akan tetapi perusahaan ini juga melayani bagi nasabah yang membutuhkan dana untuk pendidikan bahkan pernikahan juga.
Berikut gambaran umum mengenai Junior Leader Development Program Astra Credit Companies :
  • Program pendidikan selama 4,5 bulan yang mempersiapkan pemimpin di masa depan.
  • Selain JLDP, Astra Credit Companies juga memiliki Management Trainee Program yang masa pendidikannya selama 1 tahun.
  • Seleksi terdiri dari 4 tahap yaitu psikotes dan wawancara sebanyak 3 kali.
  • Proses seleksi tergolong cepat dari  tahap awal hingga akhir hanya memakan waktu sekitar 2 minggu.
  • Lulusan dari JLDP akan difokuskan ke tiga bagian yaitu Sales, Underwriting serta Account Receivable.
  • Selama pendidikan, peserta akan melakukan on-the-job training pada cabang-cabang Astra Credit Companies.
  • Rekrutmen JLDP sendiri modelnya seperti jemput bola, karena pihak pusat sendiri yang datang langsung ke lokasi tes bukan peserta yang harus datang ke pusat.
Pengalaman pribadi dalam mengikuti seleksi Junior Leader Development Program Astra Credit Companies. 

1. Psikotes
Tahapan awal seleksi berupa psikotes dilaksanakan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada 20 September 2018. Sebelumnya, saya juga mengikuti seminar yang diadakan di Hotel MM UGM untuk mendengar tentang Astra Credit Companies serta sharing alumni. Psikotesnya menggunakan soal-soal dari Astra International yang terdiri dari 7 atau 8 bagian. Nah untuk hasil psikotesnya sendiri diumumkan pada hari itu juga satu jam setelah tes. Soalnya sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya dibutuhkan konsentrasi, kecepatan dan juga daya imajinasi yang tinggi.

2. Wawancara Tahap 1
Wawancara Tahap 1 diadakan keesokan harinya yaitu pada 21 September 2018 di ACC Yogyakarta. Nah sebelum wawancara dimulai, peserta juga diminta untuk mengikuti tes kepribadian terlebih dahulu yang berlangsung sekitar 20 menit. Pada wawancara awal ini, kandidat akan di wawancarai oleh HRD ACC. Wawancara memakan waktu 30-45 menit dan hasil akan diberitahu beberapa saat setelah selesai wawancara.

3. Wawancara Tahap 2
Setelah lolos wawancara tahap 1, peserta akan mengikuti wawancara tahap 2 oleh Head Manager DIY JATENG (kalau saya tidak salah) pada keesokan harinya 22 September 2018, untuk wawancara sendiri juga berlangsung kurang lebih 45 menit.

4. Wawancara Tahap 3
Setelah selesai wawancara tahap 2, kita harus menunggu beberapa hari untuk tahu apakah kita lolos tahap selanjutnya atau tidak. Pada 26 September 2018 saya mendapat telepon bahwa saya lolos ke tahap 3 dan di undang untuk mengikuti wawancara lanjutan dengan pihak pusat di ACC Solo pada 28 September 2018. Sebenarnya tidak ada perbedaan materi pada wawancara tahap 1 - 3, topik wawancara hanya berkisar personal background dan wawasan kamu mengenai ACC terlebih JLDP, yang membedakan adalah yang mewawancarai yang kedudukannya semakin meningkat. Hasil dari wawancara ini juga langsung diketahui pada saat itu juga. Nah saya sendiri harus menyerah di wawancara tahap 3 ini karena memang performa saya yang kurang baik saat wawancara dimana saya banyak memberikan jawaban yang sedikit out of context & ngawur yang saya sendiri juga tidak mengerti kenapa saya bisa seperti itu. Hhihi. Tapi ya sudah, tidak jadi masalah, itulah cara Tuhan untuk menyiapkan tempat yang terbaik buat saya bekerja dan berkembang.

Sumber Logo Astra Credit Companies : https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Astra_Credit_Company.jpg


Komentar

  1. Halo kak, kebetulan saya juga akan mengikuti program ini dan puji Tuhan saya akn interview besok. Kalau boleh tau konten yang perlu saya persiapkan apa yah? Apakah inteview nya berkisar background check atau ada materi soal astra sendiri yang perlu saya pelajari?

    BalasHapus
  2. Hallo kak, untuk wawancara itu sendiri menggunakan bahasa inggris apa indonesia ya? Terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar