Langsung ke konten utama

Tips Menghadapi FGD (Focus Group Discussion)

Focus Group Discussion telah menjadi bagian proses seleksi pada beberapa perusahaan dalam perekrutan karyawan baru. Secara umum, Focus Group Discussion bertujuan untuk melihat analytical skill, problem solving skill dan emotion control dari kandidat. Untuk itu di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara bagaimana menghadapi Focus Group Discussion sehingga kamu nantinya bisa mendapat gambaran dan bisa mempersiapkan diri kamu untuk menghadapi Focus Group Discussion.

Gambaran Umum FGD :
  • Diskusi kelompok yang di dalamnya terdiri dari 5-10 orang.
  • Nantinya akan diberikan sebuah kasus yang harus di diskusikan dalam kelompok dengan durasi sekitar 30 menit ditambah 5-15 menit untuk persiapan diskusi (membaca kasus dan merancang ide).
  • Kelompok yang harus mengatur sendiri jalannya diskusi, jadi tim penilai hanya melihat jalannya diskusi.
 Saat FGD berlangsung yang bisa kamu lakukan berupa :
  1. Peka. Kamu bisa melihat bagaimana diskusi itu berlangsung, semisal waktu FGD sudah dimulai tetapi belum ada yang membuka diskusi kamu bisa berinisiatif untuk membuka dan memulainya selain itu kamu juga bisa memastikan bahwa semua anggota dalam kelompok sudah mendapatkan bagian dalam diskusi jika memang belum ada yang kebagian kamu bisa memberikan kesempatan kepada yang bersangkutan untuk mengemukakan idenya. Hindari untuk terlalu mendominasi pada saat diskusi berlangsung.
  2. Komunikasi dan Perilaku. Dalam menyampaikan ide yang perlu kamu perhatikan adalah dengan menyampaikan ide secara ringkas dan tidak bertele-tele, selain itu kamu juga bisa menyampaikan ide kamu dengan bahasa yang diplomatis dan sopan. Kamu dilarang untuk menjelekkan ide orang lain ataupun langsung mengatakan tidak setuju dengan ide anggota kelompok kamu, tetapi kamu bisa mengutarakan dengan bahasa yang santun seperti "Ide dari Andi sebenarnya sudah baik, tetapi dalam konteks kasus yang kita bicarakan saat ini alangkah lebih baiknya kita bisa melihat dari bla bla bla". Kamu juga dilarang untuk memotong pembicaraan orang lain dan jangan memaksa agar ide kamu bisa diterima, hal ini akan membuat kamu dinilai sebagai orang yang egois, tidak bisa mengontrol emosi dan tempramental.
  3. Logis. Kebanyakan saat FGD diminta untuk memberikan ide dan solusi dari suatu kasus, untuk itu kamu bisa memberikan ide kamu secara logis dan usahakan ide kamu ini bisa diterima oleh semua anggota dan menjadi grand idea dari kelompok kamu, tapi ingat jangan memaksa jika ide kamu memang tidak diterima.
Itulah beberapa saran yang bisa kamu lakukan saat FGD, memang semua kembali lagi ke diri kamu sendiri, apa yang ada di atas hanya bisa menjadi guideline yang pada umumnya dilakukan oleh kebanyakan orang saat FGD. Tapi yang harus kamu bisa pastikan adalah kamu sudah memberikan yang terbaik versi kamu karena kita sendiri juga tidak tahu seperti apa karakter yang diinginkan oleh rekruter.

Komentar