Langsung ke konten utama

Cara Membuat Curriculum Vitae Sederhana

Curriculum Vitae merupakan ringkasan data personal kamu yang dapat digunakan sebagai media utama oleh perusahaan untuk mengenal kamu secara profesional dan menggali informasi terkait kemampuanmu. Untuk itu, konten atau informasi yang akan kamu muat dalam curriculum vitae harus seinformatif dan sejelas mungkin, karena memang curriculum vitae sebagai media utama tetapi biasanya rekruter hanya men-scanning secara cepat untuk mencari info tertentu dalam curriculum vitae kamu. Perusahaan biasanya tidak meminta format khusus seperti apa bentuk curriculum vitae yang mereka inginkan, tetapi alangkah lebih baiknya jika kamu bisa membuat curriculum vitae seinformatif dan seringkas mungkin sehingga rekruter dapat membaca curriculum vitae kamu dengan mudah dan bisa mencari info yang mereka butuhkan secara cepat. Pada laman pencarian Google sebenarnya sudah banyak contoh bagaimana membuat curriculum vitae, tapi semoga beberapa tips di bawah ini bisa membantu kamu untuk bisa membuat curriculum vitae sederhana.

  1. Tentukan konten. Kamu harus menentukan informasi apa saja yang akan kamu tampilkan dalam curriculum vitae, disarankan nantinya curriculum vitae kamu hanya satu halaman saja dan tidak perlu sampai dua atau tiga halaman. Jadi usahakan kamu memberikan informasi yang bisa menarik rekruter serta mengandung informasi yang benar-benar dibutuhkan oleh rekruter. Biasanya isinya berupa foto, nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon, email, riwayat pendidikan (bisa SD – PT atau PT saja; untuk PT lengkapi dengan jurusan, universitas, durasi kuliah serta IPK), pengalaman kerja, pengalaman organisasi, kemampuan dan keahlian. Usahakan informasi yang kamu berikan tidak bertele-tele, karena akan menyulitkan rekruters untuk membaca curriculum vitae kamu. Secara keseluruhan, curriculum vitae kamu harus menarik, to-the-point, dan memuat informasi yang sekiranya penting untuk diketahui rekruter. 
  2. Buat desain. Hal ini merupakan hal yang paling sulit jika kamu tidak pernah berkecimpung dalam dunia perdesainan atau kamu yang memang tidak pernah menggunakan software seperti Corel Draw ataupun Photoshop. Tapi jangan khawatir, kamu masih tetap bisa membuat curriculum vitae dengan mudah dengan menggunakan desain yang sudah disediakan oleh Microsoft Word ataupun dengan aplikasi Canva.com, disana banyak sekali format desain curriculum vitae yang bisa kamu pilih dan nantinya hanya perlu edit isinya saja serta tambahkan corak yang benar-benar menggambarkan diri kamu misalnya dari warna. 
  3. Finishing. Setelah kamu selesai mendesain ada baiknya untuk kamu bisa cek lagi baik itu dari kerapiannya, kontennya dan pastikan jangan ada typo. Setelah itu, kamu bisa membuat copy dengan format .pdf ataupun .jpeg. Dan jangan lupa juga untuk mencetak curriculum vitae kamu dalam bentuk hardcopy.
Itulah beberapa tips sederhana untuk membuat curriculum vitae, selamat mencoba!

Komentar